Seminar Internasional Bahasa Arab Oleh Prodi PBA

Kamis, 9 Maret 2017 - 13:10 WITA — Dilihat 164 kali

Kesempatan yang tidak disia-siakan oleh jurusan PBA, yaitu dengan kedatangan dosen tamu dari Sudan yang bernama Prof. Dr. H. Bakar Bakhit, MA. (dosen universitas al-Qur’an al-Karim Sudan). Atas undangan pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, beliau melakukan lawatan dan pengajaran di IAIN Antasari. Maka jurusan PBA IAIN Antasari mengadakan seminar Internasional dengan tema ‘Pembelajaran Bahasa Arab bagi Penutur non-Arab’.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 9 Maret 2017 bertempat di Aula PSB Lt. 2 IAIN Antasari. Pada kegiatan tersebut hadir beberapa guru bahasa Arab dari kota Banjarmasin dan para mahasiswa/i jurusan PBA IAIN Antasari Banjarmasin.

Menurut panitia, kegiatan ini penting dilaksanakan guna memberikan forum informasi bagi guru dan mahasiswa bahasa Arab. Terlebih lagi yang menjadi nara sumbernya adalah penutur Arab asli.

Dalam penyampainnya, Prof. Bakar menjelaskan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki keistimewaan. Di antara keistimewaannya adalah bahasa Arab adalah bahasa Alquran dan hadits. Alquran adalah kalam Allah dan kalam Allah berbahasa Arab. Jadi, bahasa Arab merupakan sifat dari sifat-sifat Allah mulia.

menurut beliau lagi, mereka yang menguasai bahasa Arab tidak hanya orang Arab melainkan juga orang selain Arab. Misalnya Imam Sibawaihi yang merupakan tokoh dan rujukan kaidah-kaidah bahasa Arab. Beliau disebut Imam Nahwu dan beliau asal Farsi. Juga banyak tokoh lainnya yang merupakan ulama di bidang keagamaan, misalnya hadits, tafsir dan lainnya dan mereka bukan orang Arab. Jadi, bukan menjadi alasan bahwa selain orang Arab tidak bisa menguasai bahasa Arab.

Setelah pemaparan Prof. Bakar Bakhit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa pengajar bahasa Arab dan Mahasiswa PBA sangat antusias dalam memberikan pertanyaan kepada nara sumber dan dengan senang hati, Prof. Bakar Bakhit memberikan jawaban dan informasi tambahan kepada para peserta.

Harapan para peserta, semoga kegiatan serupa bisa dilaksanakan. Karena hal ini merupakan salah satu cara untuk memotivasi mahasiswa dalam berbahasa Arab. (AM)

4

5

Posted by: M. Wahyuzi, S.Ag