Muhadharah ‘Ammah oleh Jurusan PBA IAIN Antasari

Kamis, 9 Maret 2017 - 12:54 WITA — Dilihat 141 kali

Kegiatan ilmiah kembali digalakkan jurusan PBA. Terbukti dengan dilaksanakannya stadium generale (muhadharah ‘ammah) oleh jurusan PBA IAIN Antasari Banjarmasin pada Rabu 8 Maret 2017 dengan tema “Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dari Masa ke Masa”.

Kegiatan ilmiah ini merupakan wadah informasi bagi sivitas akademika jurusan PBA. Seperti yang disampaikan kajur. PBA, Dr. Ahmad Muradi, M. Ag. bahwa kegiatan ini bagian dari program kerja jurusan PBA bagi dosen dan mahasiswa sehingga perlu kesinambungan dalam pelaksanaannya.

Dalam kegiatan kali ini yang menjadi nara sumber adalah Ust. Muh. Nadir, S. Ag., M. Pd.I., M. St.  beliau memaparkan tentang Leksikologi dan Leksikografi Bahasa Arab. Ust. Nadir mengatakan bahwa sebagian orang berpendapat, bahasa yang digunakan Nabi Adam As. ketika berada di Surga adalah bahasa Arab. Namun, menurut beliau tidak bisa dipastikan hal demikian, sebab orang yang pertama kali berbahasa Arab adalah Syam bin Nuh.

Di antara keistemewaan bahasa Arab adalah ia mampu bertahan lebih dari 1500 tahun tanpa mengalami perubahan yang signifikan. Teks bahasa Arab dahulu masih bisa dipahami oleh generasi berikutnya. Juga seandainya orang dahulu masih hidup, maka ia akan mampu membaca dan memahami bahasa Arab sekarang. Hal tersebut sebaliknya bagi bahasa-bahasa lain.

Sebagaimana sifat dan karakter bahasa Arab, kata ‘arab’ sendiri bermakna bergerak, mobilisasi. Artinya bahasa arab mengalami perkembangan dan perubahan mengikuti perkembangan dan perubahan zaman. Juga menurut sifat dari orang Arab sendiri yang suka berpindah-pindah mencari tempat tinggal dan penghidupan yang layak.

Pada kesempatan itu juga, Ust. Nadir juga menyampaikan perkembangan kosakata-kosakata yang dikumpulkan dalam sebuah kumpulan yang disebut mu’jam. Arti mu’jam adalah kumpulan kata-kata yang belum diketahui maknanya. Kemudian muncul istilah qamus, artinya sesuatu yang luas dan mendalam, dan kemudian muncul lagi istilah mausu’ah (inseklopedia).

Di bagian akhir penyampain dan tanya jawab, Ust. Nadir berpesan agar mahasiswa selalu termotivasi untuk membaca dan membaca guna menambah perbendaharaan kosa kata bahasa Arab. Dalam pantauan panitia, kegiatan ini dihadir oleh beberapa dosen PBA dan 107 mahasiswa/i PBA. (AM)

3

2

Posted by: M. Wahyuzi, S.Ag